Pages

Rabu, 12 Desember 2012

PENGERTIAN JARINGAN LAN

           
LAN (Local Area Nerwork) adalah jaringan computer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan computer kampus,gedung ,kantor,dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kenbanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b(atau biasa di sebut WI-fi) juga sering di gunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi WI-fi biasa di sebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau computer mempunyai daya komputesi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap computer juga dapat mengakses sumberdaya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang tekah di atur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer . Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai
Berbeda dengan jaringan Area Luas atau Wide Area Network(WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator tekomunikasi  
                Di sini saya akan memberi sedikit cara membangun jaringan LAN dengan menggunakan kabel
UTP (Unshielded twisted pair), yaitu standar kabel untuk koneksi jaringan LAN.
        Komputer yang dipakai  pada saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan LAN Card  atau disebut juga NIC (Network Interface Controller), atau Ethernet Card.


 

1 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    ADSL Modem Router Wireless D-Link 2700E - 1Port
    Price Rp 239.000

    Detail Spesification :

    The ADSL2+ Modem with Wireless N300. WPA™/WPA2™ and WEP data encryption methods. firewall security,SPI. For Quality of Service (QoS), the router prioritizes traffic. ompatible with existing 802.11b and 802.11g wireless equipment.

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    BalasHapus